Ayo berani bermimpi!!

by Rosa Nur , at 6:51 PM , have 2 comments
Ketika menginjak SMA kebanyakan dari siswa (kita) jika ditanya mau jadi apa, kita akan lama menjawab atau mungkin tidak bisa menjawab. Berbeda dengan kita saat masih kecil, ketika duduk di TK atau SD. Dengan tegas,cepat, dan lantang kita menjawab pertanyaan itu. Mengapa begitu?

Anak yang masih kecil selalu berani bermimpi, mereka sangat yakin kemampuan mereka. Berbeda dengan kita yang takut bermimpi. Takut jika impian kita gagal. Takut dan kurang percaya diri terhadap kemampuan pribadi. “Hei! Jangan mundur sebelum berjuang.”

Dan yang lebih parah lagi ada kata-kata seperti ini kurang lebihnya, “ Jangan terlalu bermimpi yang terlalu tinggi. Kelak jika kamu terjatuh kamu akan merasakan sakitnya”. Jujur saya paling tidak suka dengan kata-kata itu! Bukankah jatuh dari impian atau biasa disebut ‘gagal’ itu adalah hal yang wajar? Jika kita tidak pernah mengalami kegagalan, kita tidak akan tahu kekurangan atau kesalahan kita.

Beberapa bulan yang lalu, ketika LDKS di WTC Jombang pada tanggal 26-27 Oktober 2013 saya sempat bertanya mengenai impian kepada Bapak Prof.Arif.  Beliau adalah motivator yang cukup terkenal sekaligus pembimbing KIR. Bahkan beliau sering ke luar negeri untuk mengantarkan anak didiknya untuk lomba KIR. Meskipun begitu beliau rendah hati.
Berikut pertanyaan saya:

“Pak mengapa ketika kecil kita disuruh untuk menggapai cita-cita setinggi mungkin sedangkan ketika kita besar ada kata-kata yang menjelaskan agar jangan terlalu bermimpi yang tinggi karena kalau terjatuh akan sakit sekali rasanya, bahkan di sekitar kita ada yang mengatakan jangan bercita-cita yang terlalu tinggi kasihan orangtuamu. Yang benar yang mana pak ?”

Dan jawaban dari bapak Arif intinya adalah  bermimpi setinggi mungkin jika gagal itu adalah suatu resiko dan segeralah ‘update’ mimpi lagi. Lalu jika ada yang mengatakan cita-cita yang terlalu tinggi akan membebani orang tu, memang terkadang itulah yang terjadi. Sesuaikan antara keinginan dengan kemampuan. Namun bukan berarti cita-citanya tidak boleh tinggi.

Nah dibawah ini ada diagram untuk membangun mimpi.


Ohya perlu saya tegaskan lagi, ayo beranilah bermimpi! Jika di sekitarmu ada yang kurang menyetujui atau mungkin iri misal,“Eh lu mimpinya tinggi banget? Yakin lu mampu ngeraihnya? Kemampuan lu aja dibawah gue. Haha, sorry coy. Tapi itu kenyataan bro..” Biarkanlah mereka. Terkadang kita tak selalu harus mendengarkan omongan/nasihat orang lain. Karena terkadang ada yang menjerumuskan. Percaya pada kemampuan diri sendiri dan yakin Alloh kan berada di samping kita itu lebih baik!

Selain itu, dengan adanya orang di sekitarmu yang meremehkanmu, harusnya itu sebagai pacuan untuk kita agar lebih berjuang keras demi mewujudkan impian. Kalau kata Om Mario Teguh,”Cara terbaik untuk membalas dendam terhadap orang yang menghina Anda, adalah menjadi lebih berhasil daripadanya”.

Sip deh! Jangan lupa mimpilah yang tinggi dengan tindakan yang besar dan rajin berdoa. InsyaAlloh….
   
Anda sedang membaca artikel tentang Ayo berani bermimpi!!, Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy - paste artikel di atas jika memang sangat bermanfaat bagi anda.. Dengan syarat anda harus meletakkan link di bawah ini sebagai sumbernya..


Ayo berani bermimpi!!
Ayo berani bermimpi!! - written by Rosa Nur , published at 6:51 PM, categorized as Coretanku , Motivasi . And have 2 comments
2 comments Add a comment
Mimpi sisan seng duwur, njaluk nang gustine sisan seng akeh.
Ngadek dewe kadang iyo bener nek ancen wes bulat tekadmu.

oke suwun yo, :-)
Bener banget kata sampean mas.
Terima kasih juga udah berkunjung :)
Reply Delete
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Apa saja! :D by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger