Oleh Oleh Khas Blitar

by Rosa Nur , at 8:30 PM , have 2 comments
Blitar, sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Terletak sekitar 167 Kilometer dari Kota Surabaya dan 73 Kilometer dari Malang.

Tahukah Anda darimana asal nama Blitar?

Mari kita simak sedikit sejarah dari Kota Proklamator ini.
Dalam beberapa buku sejarah, salah satunya adalah buku Bale Latar disebutkan bahwa Blitar telah didirikan sejak abad ke-15 Masehi. Sebelumnya daerah Blitar berupa wilayah dengan hamparan hutan lebat.

Suatu hari Majapahit memerintahkan Nilasuwarna untuk ‘babat alas’ atau membuka hutan selatan (sekarang daerah Blitar) yang saat itu dihuni oleh pasukan Tartar. Pasukan Tartar adalah para pemberontak yang melawan Majapahit. Setelah para pemberontak berhasil ditumpas, Nilasuwarna mendapatkan hadiah dari Majapahit untuk mengelola hutan selatan (Blitar), dan ia pun menjadi Adipati Ariyo Blitar I.

Nah, berdasarkan sejarah tersebut, akhirnya muncullah kata Blitar yang berasal dari istilah Balitar (Bali Tartar). Nama ini jadi pengingat atas kesuksesan Nilasuwarna menaklukan pasukan Tartar di daerah itu.
Blitar adalah Kota wisata yang memiliki beragam oleh-oleh khas Blitar. Terdapat banyak sekali Oleh-oleh Khas Blitar yang beredar di pasar. Salah satu yang cukup terkenal adalah Opak Gambir atau yang juga disebut Kue Semprong.

Opak Gambir Khas BlitarOpak Gambir (Kue Semprong) adalah Makanan Khas Blitar yang memiliki rasa gurih dan manis. Terbuat dari tepung terigu dan sari buah yang dimasak dalam cetakan tipis dan panas. Sehingga memiliki tekstur yang tipis. Biasanya Opak Gambir dibentuk seperti kerucut (contong) dan bentuk stik mirip astor.

Opak Gambir (Kue Semprong) pun menjadi sajian special untuk “suguhan tamu”, “suguhan manten”, hingga “suguhan hari raya” di kalangan Masyarakat Jawa Timur pada umumnya. Banyak wisatawan yang membeli Opak Gambir di berbagai toko sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Salah satu perusahaan Opak Gambir yang cukup terkenal di daerah Blitar adalah “Ngudi Rizqi”. Opak Gambir “Ngudi Rizqi” dikenal sebagai Opak Gambir yang lezat dan sehat. Karena terbuat dari bahan-bahan alami, bebas pengawet, dan bebas pewarna buatan.

Karena dibuat secara higienis dan tanpa menggunakan minyak, Opak Gambir Ngudi Rizqi bisa bertahan secara alami dalam kemasan hingga 5-6 Bulan.

Bila Anda ingin mendapatkan Oleh-oleh Khas Blitar Opak Gambir “Ngudi Rizqi”, Anda dapat mengunjungi website resminya di www.opakgambir.com atau menghubungi kontak berikut: HP. 0857 3675 9091 (Ibu Sita).

Opak Gambir Khas Blitar2

Opak Gambir Khas Blitar3

Anda sedang membaca artikel tentang Oleh Oleh Khas Blitar, Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy - paste artikel di atas jika memang sangat bermanfaat bagi anda.. Dengan syarat anda harus meletakkan link di bawah ini sebagai sumbernya..


Oleh Oleh Khas Blitar
Oleh Oleh Khas Blitar - written by Rosa Nur , published at 8:30 PM, categorized as Coretanku , Wisata Kuliner . And have 2 comments
2 comments Add a comment
cemilan paling enak nih dari blitar. sajian lebaran yang mendekatkan keluarga. Opak gambir hehehehe. namanya kayak stasiun di jakarta yaaa. dilingkungan WG Studio tempat kita bernaung banyak juga nih yang bikin secara rumahan. Semoga semakin dikenal ya opak gambir
Reply Delete
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Apa saja! :D by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger