Hakikat Kegagalan

by Rosa Nur , at 8:40 PM , have 0 comments
Pernah mengalami kegagalan? Pernah dong. Semua orang pasti mengalami kegagalan, baik itu mulai dari kegagalan yang kecil maupun kegagalan yang besar. Misal tidak diterima di SMA favorit (idaman), tidak diterima di PTN favorit, gagal nembak gebetan :p, dan lain-lain. Apa sih yang kita rasakan ketika kita mengalami kegagalan? Mulai dari nangis di kamar berjam-jam, galau tapi tidak terlalu dipikirkan, frustasi, depresi, dan masih banyak lagi.

Nah kali ini saya akan mengungkap tentang hakikat kegagalan. Ya tulisan ini terinspirasi dari kegagalan saya yang membuat saya depresi 2 tahun ini. Semoga saja dapat membantu atau paling tidak memberikan pencerahan kepada Anda yang mungkin mengalami nasib yang sama. *puk puk puk* ({})

Saya pernah mengalami kegagalan yang bagi saya itu sangat besar. 11 Juni 2012, ya tanggal itu akan selalu saya kenang. Bahkan hingga saat ini, saya masih belum bisa bangkit dari semua itu. Ketika itu, saya sangat percaya bahwa saya akan diterima disana. Ya tetapi takdir berkata lain. :’)

Melupakannya itu hal yang sangat mustahil, tetapi paling tidak saya harus bisa mengambil hikmahnya. Dan saya harus yakin, Alloh telah memberikan jalan yang berbeda dan tentunya jauh lebih baik sehingga saya tak perlu bersedih hati ketika tidak bisa masuk disana.

Kadang saya merasa sangat bodoh ketika saya tak mampu bangkit dari itu. Sudah 2 tahun saya merasa seperti dihantui oleh itu. Dan hal itulah membuat prestasi saya semakin hancur. Sungguh bodoh bukan, harusnya saya menjadi lebih semangat lagi untuk belajar, tetapi sayangnya saya malah meremehkannya dan begitulah yang terjadi. Tetapi, di dalam hati ini, saya berjanji akan membuktikan bahwa saya mampu menyaingi mereka-mereka yang ‘beruntung’ masuk disana. Saya harus bangkit, saya tak mau mengecewakan orang-orang yang selama ini selalu menyayangi dan menyemangati saya!
Hehe, baiklah cukup disini ya curhatnya –“

Hmm, bagaimana sih hakikat kegagalan? Apa berkaitan dengan keberhasilan? Ya jelaslah, kan itu satu paket :D Langsung saja yuk cekidot, hakikat kegagalan! ;)

1. Apa yang kita dapatkan tak selamanya seperti apa yang kita harapkan.

Mengapa begitu? Itu sudah takdir kawan. Cobalah untuk positive thinking. Di balik semua itu pasti ada hikmah yang diberikan oleh Alloh SWT. Dan lakukan koreksi terhadap diri sendiri. Mungkin ada sesuatu dalam diri kita yang menyebabkan kegagalan itu sendiri. Be positive thinking yaak! Dan ingat: Intropeksi diri, evaluasi diri, setelah itu regulasi diri. DO ACT NOW! ;)

2. Tidak ada keberhasilan jika tak ada kegagalan

Bingung? Kalimatnya ambigu ya? Saya sih juga berpikir begitu :3 (wkwk, peace bro n sist :Dv).
Begini, realistis saja deh, ketika kita di suatu kompetisi pasti akan ada suatu pilihan. Kita gagal dan mereka berhasil atau kita berhasil dan mereka gagal? Nah jadi tanpa kegagalan tidak akan ada keberhasilan, secara individual maupun berhubungan dengan pihak lain.

3. Setiap kegagalan dan keberhasilan selalu berkaitan.

Misal kita pernah gagal untuk mendapatkan nilai A untuk pelajaran kimia, tetapi suatu hari ketika kita bersungguh-sungguh kita akan mendapatkan nilai A untuk pelajaran kimia. Misalnya lagi, seorang pelajar kesulitan untuk pelajaran ekonomi sehingga agar nilainya baik ia menghalalkan segala cara. Untuk saat itu ia memang berhasil, tetapi suatu hari nanti ia akan gagal karena menghalalkan segala cara.

Jadi, tak ada orang selalu gagal, seperti halnya tak ada orang yang selalu berhasil atau sukses. Perjalanan dunia ini tak semulus yang kita bayangkan.

4. Kadang keberhasilan atau kegagalan itu relatif

Relatif? Kok bisa sih? Iyalah. Maksudnya begini, apa yang kita anggap itu suatu kegagalan, namun orang lain menilai itu suatu keberhasilan bagi Anda. Begitu pula sebaliknya.

Misal, ketika kita bisa diterima di sekolah yang mungkin bagi masyarakat sekitar itu favorit dan menurut mereka itu suatu keberhasilan bagi Anda, tetapi bagi kita sendiri itu sebuah kegagalan karena sesungguhnya yang kita harapkan bukan disitu tetapi lebih atasnya lagi (lebih favorit).

5. Kegagalan adalah kesempatan untuk memperbaiki diri

Benar sekali, karena dari sebuah kegagalan kita jadi tahu dimana letaknya kesalahan kita yang menyebabkan kegagalan.

6. Mempelajari kegagalan orang lain akan mencegah kegagalan pada kita yang serupa

Nah maka dari itu, jadilah pendengar setia bagi sahabat-sahabat Anda atau  orang-orang di sekitar Anda. Jika kita sering mendengarkannya, otomatis kita akan ikut mempelajari masalahnya, jadi kelak di kemudian hari kita akan mampu mengatasi sebuah kegagalan kita sendiri atau bahkan mampu menghindarinya. Keren bukan! :)


Ohya tambahan ya buat yang lagi depresi yang mungkin sama seperti saya :p. Ada lagu bagus yang dapat menginspirasi kita semua, yakni Bruno Mars- Today My Life Begins. Sudah mengerti semua kan? Kalau mau download silakan disini. Dan di bagian lagu itu ada lirik yang sangat mengena banget di hati *eaak eaak -_- #alay_mode_on

“Life's to short to have regrets
So i'm learning now to leave it in the past and try to forget
only have one life to live
So you better make the best of it“

Yang artinya kurang lebih seperti ini:
Kehidupan itu sangat pendek jika untuk disesali. Jadi kita harus belajar meninggalkan masa lalu (kegagalan) yang mungkin sangat tak penting untuk diingat dan harus mencoba untuk melupakan. Karena hidup ini cuma sekali. Jadilah yang lebih baik untuk membuat jadi yang terbaik. (Jadikanlah hidup ini kehidupan yang berarti).

Baik, terima kasih banyak atas perhatian Anda membaca postingan saya sampai habis :p Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.. Dan tak lupa saya mohon maaf jika mungkin sok menggurui. Ciyuuss deh saya nggak ada niatan gitu kok ;) Saya kan orangnya baik hati, tidak sombong, dan rajing menabung :v *ehh –“
Sekian dan terima kasih :)


Keywords: Hakikat kegagalan, gagal, kaitan kegagalan dan keberhasilan, berhasil atau gagal, gagal, mengatasi kegagalan, motivasi kegagalan, hakikat gagal



Anda sedang membaca artikel tentang Hakikat Kegagalan, Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy - paste artikel di atas jika memang sangat bermanfaat bagi anda.. Dengan syarat anda harus meletakkan link di bawah ini sebagai sumbernya..


Hakikat Kegagalan
Hakikat Kegagalan - written by Rosa Nur , published at 8:40 PM, categorized as Coretanku , Motivasi . And have 0 comments
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Apa saja! :D by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger